Materi : Media Promosi
3.17.
Menentukan
media promosi
4.17.
Membuat
media promosi berdasarkan
segmentasi pasar
3.17.1.
Menjelaskan media promosi
3.17.2.
Mengidentifikasi media promosi
3.17.3.
Menganalisis media promosi
4.17.1.
Membuat media promosi berdasarkan segmentasi pasar
Materi
Pokok
Menentukan Media
Promosi
Memperkenalkan
sebuah produk menjadi sebuah brand yang dikenal kalayak luas tidaklah mudah,
diperlukan sebuah strategi. Promosi adalah media yang paling tepat
untuk membuat suksesnya penjualan. Tidak ada promosi, produsen
tidak mungkin mengenal brand dari produk yang akan dipasarkan.
Langkah yang harus dilakukan sebelum menentukan media promosi
:
Menentukan target
yang Ingin dituju
Hal pertama
yang harus dilakukan adalah menentukan target pasar yang potensial. Pastikan
bahwa produk dapat memenuhi kebutuhan target yang kita tentukan. Bagaimana
cara kita untuk menentukan target pasar yang tepat ? Untuk
menentukannya, terlebih dahulu menentukan kelompok-kelompok pembelinya. Cara
penentuannya tidak hanya berdasarkan demografi saja namun anda juga harus
melihat kebiasan mereka dalam melakukan pembelian. Bila sudah menentukannya,
maka akan lebih mudah menganalisis konsep promosi yang akan dilakukan.
Mengetahui bagimana karakter target konsumen anda
Karekter konsumen harus diketahui dengan tujuan untuk mendapatkan
starategi pemasaran yang tidak biasa sehingga dapat
diterima dan menarik perhatian mereka. Contoh, memasarkan produk makanan ringan
dengan taget konsumen dalam kategori anak-anak. Saat menggunakan gaya bahasa
dan desain yang sesuai dunia mereka.
Buat Konsep Promosi
Tema promosi atau pemasran
dilakukan untuk menarik konsumen atau target pasar yang sudah anda tentukan
sebelumnya, seperti penyertaan tagline atau pesan menarik. Anda
dapat memaksimalkannya dengan menggabungkan pesan dengan
event-event tertentu, misalnya
seperti yang dilakukan oleh minuman The Botol Sosro,
perusahaan minuman lokal ini melakukan pemasaran dengan pesan yang
sangat melekat dibenak semua orang, yaitu apapun makanannya, minumannya
The Botol Sosro.
Sertakan Kelebihan Produk yang Membedakannya dengan Produk Lain
Tidak hanya konsep pemasaran, kelebihan produk juga dapat
disertakan pada saat mempromosikan produk. Hal ini dilakukan agar konsumen tahu
apa yang membedakan produk anda dengan produk serupa lainnya. Karena pada
dasarnya pemilihan konsumen berawal dari seberapa baik produsen melakukan
promosi maka anda dapat tarik perhatian konsumen dengan cara ini, yaitu dengan
memaparkan bahwa produk anda
memiliki nilai tambah yang tidak dimiliki oleh
brand lain, seperti fiturnya yang lebih, komposisinya lebih baik, dan lain
sebagainya.
Buatlah Program Promosi yang Menarik
Memberikan
potongan harga atau memberikan produk secara gratis, dapat menciptakan sebuah
program promosi timbal balik. Maksudnya adalah dapat membuat promosi yang
melibatkan konsumen untuk melakukan “promosi” untuk produk atau brand kita.
Misalnya bila produk dalam bentuk kuliner, kita dapat memberikan gift cards
untuk pelanggan yang mengikuti sayembara tersebut. Di mana gift cards tersebut
dapat ditukarkan untuk pembelian berikutnya atau hadiah lainnya.
Melakukan Promosi Online
Bagi pebisnis
internet seperti surganya tempat promosi. Pelaku usaha dapat bebas memilih cara
promosi yang mereka kehendaki, mulai yang berbayar hingga gratis dengan
menggunakan platform media sosial. Namun agar tidak hanya sekedar posting
produk tanpa mendapatkan penjualan apa-apa, ada baiknya melakukan beberapa langkah
berikut agar promosi di media sosial lebih efektif.
- Tawarkan promosi
ekstra pada audiens di sosial media. Bukan hanya menarik pelanggan lama
cara ini juga dapat menarik perhatian pelanggan baru.
- Aktif melakukan mengajak pelanggan berdiskusi serta cepat merespons pertanyaan pelanggan di
media sosial.
- Buat konten yang akan dipromosikan secara menarik dan teratur. Konten haruslah yang bersifat informatif yang dapat menggugah rasa penasaran agar
audiens tidak menganggap bahwa akun media sosial hanya tempat untuk
promosi saja. Dalam pemilihan konten pastikan masih
berhubungan dengan produk Anda, misalkan bila produk anda adalah obat kecantikan,
- Anda
dapat mem-posting artikel tentang pentingnya perawatan tubuh dan lain
sebagainya.
Melakukan promosi offline
Meskipun sekarang ini promosi usaha
online atau online marketing sedang menjadi trand, namun pengaruh
promosi offline juga cukup besar terhadap penjualan.
Oleh karena itu, jangan ragu untuk melakukan promosi dengan cara
konvensional, yaitu dengan cara menyebar brosur, iklan koran dan
media cetak, atau dapat beriklan di papan reklame.
Berikan Free
Sample
Kebanyakan
pembeli tertarik untuk membeli setelah mencoba produk, maka tidak ada
salahnya jika memberikan free sample untuk calon pelanggan. Percobaan cuma-cuma
ini tidak hanya berlaku untuk produk makanan saja, produk seperti software atau
produk yang sifatnya tidak dimakan juga dapat diaplikasikan. Seperti contohnya,
aplikasi manajemen keuangan, dengan menyediakan trial selama 30
hari gratis.
Aktif Menjadi Peserta Pameran
Pameran juga
salah satu cara promosi yang efektif untuk memperkenalkan produk ke
masyarakat. Hal ini karena pengujung yang hadir sesuai dengan target konsumen
yang anda tetapkan. Dengan begitu kegiatan pemasaran dapat langsung tepat
sasaran. Tidak hanya mendapatkan pelanggan, tetapi dapat menambah koneksi yang
nantinya dapat membantu untuk mengembangkan usaha. Selain itu, dalam
pameran akan memperoleh informasi tren pasar yang sedang
di gemari masyarakat, dengan cara melihat minat pengujung terhadap produk yang
ada di area pameran. Sehingga dapat menyusun strategi yang diperlukan untuk
mengembangkan bisnis.
Gunakan Data Konsumen Untuk Promosi
Tujuan mengumpulkan data konsumen adalah agar dapat memberikan promosi atau penawaran terbaru dari brand
yang dipasarkan langsung konsumen dengan menggunakan platform
email atau messenger. Dengan mengkontak langsung pelanggan, maka
promosi tidak akan menjadi sia-sia sehingga besar
kemungkinan
terjadinya pembelian. Tidak hanya promosi, cara ini
juga dapat Anda gunakan
untuk menjalin hubungan baik dengan para pelanggan.
Caranya dengan tidak hanya terus mengirimkan share promosi, namun sesekal
memberikan ucapan
selamat ulang tahun atau selamat hari raya pada momen-momen tertentu.
Pemilihan media promosi
Membuat sebuah
bisnis yang sukses harus efisien, efektif dan tumbuh. Setiap bisnis perlu
bertumbuh dan berkembang dan semuanya itu diperlukan berbagai cara, salah
satunya dengan
media promosi yang tepat diantaranya adalah :
- Iklan adalah
bentuk promosi bersifat masal dan nonpersonal. Oleh karena sirkulasinya
luas maka biaya perunit menjadi lebih murah. Tetapi karena bersifat non
personal maka iklan tidak mampu responsive.
Oleh karena itu iklan tidak diharapkan
sebagai media komunikatif interaktif.
- Penjualan Personal adalah
aktivitas penjualan yang bersifat promosional, karena bersifat personal,
promosi ini sangat efektif membina komunikasi dua
arah dengan audiens.
- Promosi Penjualan adalah bentuk promosi personal maupun nonpersonal
untuk mendongkrak penjualan dalam jangka pendek. Promosi penjualan memang
dirancang dengan berbagai cara (personal maupun non personal)
untuk mendorong penjualan pada saat-saat tertentu.
- Publisitas adalah bentuk promosi yang lebih banyak dilakukan oleh
masyarakat. Audiens
sering berpendapat bahwa informasi produk dari sumber
non-produsen tentu akan lebih fair atau jujur.
- Identitas Produk adalah
desain produk yang bersifat khas yang mempunyai daya tarik tersendiri.
Identitas produk adalah bentuk penampilan promosi produk secara konkrit
menunjukkan kelebihan-kelebihan yang ada.
Pertimbangan penentuan media tersebut berdasarkan
:
- jenis dan karakter produk yang dipasarkan serta perilaku audiens
- program promosi pesaing.
- Pilihan Media Berdasarkan Produk
Produk yang mempunyai tampilan unik dan mampu membangkitkan
emosional akan lebih
pas bila dipromosikan dengan iklan.
- Pilihan Media Berdasarkan Pesaing.
Seringkali,
perancang pilihan media diambil untuk menanggapi promosi pesaing.
Karena pesaing gencar memberikan hadiah kepada
pelanggannya, tentu perusahaan harus merespons dengan program yang
seimbang agar supaya tidak ditinggalkan oleh pelanggan. Selain itu evaluasi
media cukup penting seperti evaluasi berbasis standar promosi, evaluasi
berbasispola efek pengaruh, evaluasi berbasis metodologi, pra-test evaluation,
pro-test evaluation, dan post-test evaluation.
- Evaluasi berbasis standar Promosi.
Pada dasarnya
tindak evaluasi adalah pembandingan nilai. Untuk dasar pembandingan diperlukan
standar atau ukuran keberhasilan yaitu pernyataan tujuan atau
anggaran promosi.
- Evaluasi Berbasis Pola Efek Pengaruh.
Kampanye
program promosi tidaklah begitu saja langsung saat yang bersamaan memberikan
pengaruh. Selalu ada tenggang waktu antara eksekusi program
dengan hasil kinerja program.
- Evaluasi Berbasis Metodologi
Penentuan
saat atau waktu evaluasi akan memberikan inforamsi yang
berbeda. Metode evaluasi dapat dilakukan sebelum (pra-test), pada saat
(pro-test) atau sesudah (post-test) program promosi dilaksanakan. Sebuah usaha
yang menggunakan promosi penjualan. Misalnya memberi hadiah bagi beberapa orang
pembeli pertama, membuat sampel produk, membuat kupon
berhadiah, memberikan konsultasi pelanggan dan sebagainya.
Dan jangan lupa berikan layanan
terbaik agar pembeli mau datang lagi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar