Senin, 18 Januari 2021

PERTEMUAN 3 METODE PERAKITAN BARANG DAN JASA

 

PERTEMUAN 3 SEMESTER GENAP PKK XII TP 1

 


Assalaamu’alaikum wr.wb

Semoga kalian dalam keadaan sehat dan siap meraih masa depan yang gemilang didepan sana. Walupun tantangan dan rintangan senantiasa ada. Jiwa optimis dan rasa percaya pada masa depan yang pasti lebih baik akan mengantarkan pada kesuksesan.

Selamat bertemu kembali dalam pembelajaran daring PKK kleas XII TP 1

Mteri kita pada pertemuan ini adalah Metoda Perakitan Produk Barang/Jasa

 Modul 13

METODA PERAKITAN PRODUK BARANG/JASA

 

KOMPETENSI DASAR (PENGETAHUAN)

3.1Menerapkan metoda perakitan produk barang/jasa

 KOMPETENSI DASAR (KETERAMPILAN

4.13 Melakukan perakitan produk barang/jasa 

TUJUAN PEMBELAJARAN

1.   Memahami pengertian dan prinsip perakitan

2.   Menerangkan prose perakitan

3.   Menganalisis sistem perakitan

4.   Mengetahui rancangan perakitan

 

 A.  PENGERTIAN & PRINSIP PERAKITAN PRODUK

Perakitan adalah suatu proses penyusunan dan penyatuan beberapa bagian komponen  menjadi  suatu alat  atau mesin  yang  mempunyai fungsi tertentu. Pekerjaan perakitan dimulai bila obyek sudah siap untuk dipasang dan berakhir bila obyek tersebut telah bergabung secara sempurna. Perakitan juga dapat diartikan penggabungan antara bagian yang satu terhadap bagian yang lain atau pasangannya.

Pada prinsipnya perakitan dalam proses manufaktur terdiri dari pasangan semua bagian-bagian  komponen menjadi suatu produk, proses pengencangan, proses inspeksi dan pengujian fungsional, pemberian nama atau label, pemisahan hasil perakitan yang baik dan hasil perakitan yang buruk, serta pengepakan dan penyiapan untuk pemakaian akhir.permesinan  (  frais,  bubut,  bor,  dan  gerinda  )  dan  pengelasan  yang sebagian pelaksanaannya hanya meliputi satu proses saja. Sementara dalam perakitan bisa meliputi berbagai proses manufaktur.

 

B.  METODE PERAKITAN.

Dalam produksi massal, proses perakitan dapat dilakukan dengan cara otomatis, misalnya proses pengikatan, pengelingan, pengelasan, penyekrupan, dan lain-lain dalam urutan rangkaian proses produksi. Hal itu dilakukan untuk mendapatkan hasil pada setiap produk dengan bentuk yang standar.

1. Metode perakitan  ditinjau dari proses penyambungan komponen

a. Metode Cascade

Metode Cascade adalah metode perakitan antara komponen dengan langkah yang berurutan. Pada prinsipnya metode ini banyak digunakan untuk sistem pengabungan antara komponen dengan menggunakan rivet atau paku keling. Dalam proses pengabungan atau penyambungan antara komponen dari bahan pelat-pelat tipis. Metode Cascade ini banyak digunakan untuk perakitan dengan menggunakan sistem sambungan riveting atau keling. Proses riveting ini dengan menggunakan alat sederhana yakni perangkat penembak paku. Alat ini menjepit paku yang sudah dimasukkan dalam lobang hasil pengeboran pelat yang akan disambung. Selanjutnya alat ini ditekan secara bertahap sampai batang paku putus.

b. Metode Keseimbangan

Metode keseimbangan dalam perakitan merupakan proses penyambungan komponen- komponen dengan menggunakan spot welding. Penggunaan perakitan dengan las spot ini sangat banyak digunakan untuk penyambungan pelat-pelat tipis. Aplikasi proses penyambungan dengan spot welding ini digunakan di industri mobil dan kereta api, juga industri pesawat terbang yang menggunakan bodinya dari bahan pelat-pelat tipis. Keseimbangan yang dimaksukan dalam proses ini adalah posisi sambungan dibeberapa titik harus dilakukan secara seimbang.

c. Metode Bongkar Pasang (Knock down)

Metode bongkar pasang atau istilah yang lebih populernya adalah knock down merupakan metode yang banyak digunakan untuk perakitan. Metode bongkar pasang ini bertujuan diantaranya :

- Memudahkan dalam mobilitas atau transfortasi.

- Memudahkan untuk proses perawatan atau penggantian komponen bagian dalam.

- Memudahkan dalam operasional pekerjaan.

- Konstruksi menjadi lebih sederhana

Penggunaan lebar bahan dan jenis dapat dengan mudah diterapkan dalam perakitan. Proses perakitan dengan metode knock down ini umumnya menggunakan sambungan baut dan mur ataupun screw. Perakitan dengan metode ini harus dilakukan secara teliti, terutama dalam hal pengeboran lobang-lobang yang akan dirakit. Pengeboran lobang- lobang ini biasanya dilakukan dengan memberi posisi dasar pemasangan. Lobang yang tidak tetap lebih besar dari lobang yang tetap. 

2. Metode perakitan ditinjau dari sifat komponen yang dirakit

a. Metode perakitan yang dapat ditukar tukar.

Pada metode ini, bagian-bagian yang akan dirakit dapat ditukarkan satu sama lain (inter changeable), karena bagian tersebut dibuat oleh suatu pabrik secara massal dan sudah distandarkan baik menurut ISO, DIN, JIS, dan lain sebagainya. Keuntungan bila kita menggunakan bagian atau komponen yang telah distandarkan adalah waktu perakitan komponen yang lebih cepat dan dalam penggantian komponen yang rusak dapat diganti dengan komponen yang sejenis yang ada di pasaran. Akan tetapi tetap mempunyai kerugian yaitu kita harus membeli komponen tersebut dengan harga yang relatif lebih mahal.

b. Perakitan dengan pemilihan.

Pada metode perakitan dengan metode pemilihan, komponen-komponennya juga dihasilkan dengan produksi massal yang pengukuran-pengukurannya tersendiri menurut batasan-batasan ukuran.

c. Perakitan secara individual.

Perakitan secara individual dalam pengerjaannya tidak dapat kita pisahkan antara pasangan satu dengan pasangannya. karena dalam pengerjaannya harus berurutan tergantung bagian yang sebelumnya. Salah satu komponen yang berpasangan tersebut kita selesaikan terlebih dahulu, kemudian pasangan lainnya menyusul dengan ukuran patokan yang diambil dari komponen yang pertama.

 

3. Faktor Yang Paling Berpengaruh Pada Proses Perakitan

1.   Jenis bahan yang akan dirakit

2.   Kekuatan yang dibutuhkan

3.   Pemilihan metode penyambungan

4.   Pemilihan metode penguatan

5.   Penggunaan alat bantu perakitan

6.   Tolerasi

7.   Bentuk/ tampilan produk

8.   Ergonomis

9.   Finishing

 

4. Prosedur Perakitan

Prosedur perakitan kedalam beberapa kegiatan yaitu sebagai berikut :

a.   Persiapan

b.   Pelaksanaan

c.   Penyelesaian 


Manfaat Desain Produk

Manfaat yang dapat diperoleh perusahaan dengan adanya desain produk untuk perakitan adalah sebagai berikut :

1.    Mengurangi biaya produksi.

2.    Mengurangi jumlah komponen.

3.    Mempersingkat waktu perakitan.

4.    Meningkatkan keandalan produk.

5.    Mengurangi lead time.

Dengan  menyusun rencana dalam perakitan yang bertahap dan sistematis, perusahaan dapat  meningkatkan daya saing pada persaingan pasar, karena :

1.    Memiliki produk dengan kualitas tinggi.

2.    Memiliki waktu pengiriman kepada pelanggan yang lebih pendek.

3.    Memiliki biaya produksi yang lebih rendah.

 

C.   SISTEM PERAKITAN DAN KESEIMBANGAN LINTASAN

1. Sistem perakitan

Ada beberapa macam jenis perakitan yang sering digunakan di dunia industri, hal ini tergantung pada pekerjaan yang akan dilakukan. Biasanya faktor bentuk dan jumlah produk yang akan dihasilkan sangat menentukan. Pada umumnya ada dua macam jenis perakitan yaitu :

Perakitan   Manual yaitu;   perakitan   yang   sebagian   besar   proses   dikerjakan   secara konvensional atau menggunakan  tenaga manusia dengan peralatan yang sederhana tanpa alat-alat bantu yang spesifik atau khusus.

Perakitan  otomatis yaitu;  perakitan  yang  dikerjakan  dengan  sistem  otomatis  seperti otomasi, elektronik, mekanik, gabungan mekanik dan elektronik (mekatronik), dan membutuhkan alat bantu yang lebih khusus.

Sedangkan untuk jenis perakitan dapat dibedakan menurut jenis produk yang akan dilakukan perakitan yaitu;

Produk tunggal Jenis perakitan tunggal yaitu perakitan dengan produk hanya satu jenis saja

Produk  seri  Jenis  perakitan  produk  seri adalah  bila  perakitan  dilakukan  dalam  jumlah massal  dalam  bentuk  dan  ukuran  yang  sama.

Contohnya  proses  perakitan  produk elektronik, perakitan mobil, perakitan motor dan lain-lain.

 

2. Terminology Keseimbangan Lintasan

Istilah - istilah dalam keeimbangan lintasan :

  • Elemen kerja : yaitu bagian dari keseluruhan pekerjaan dalam proses perakitan
  • Elemen kerja minimum : yaitu bagian terkecil dari suatu elemen kerja yang sudah tidak dapat  terbagi lagi.
  • Total Waktu Pengerjaan : yaitu  jumlah waktu  yang dibutuhkan untuk mengerjakan semua elemen sepanjang lintasan
  • Waktu   proses   stasiun   kerja   :   yaitu   jumlah   waktu   yang   dibutuhkan   untuk mengerjakan semua elemen kerja yang berada distasiun kerja kerja tersebut
  • Waktu siklus: yaitu jarak waktu antar produk yang dapat dihasilkan pada lintasan
  • Diagram pendahuluan : yaitu suatu grafik yang   mengambarkan urutan   elemen kerja yang diberi symbol node dengan tanda panah sebagai penghubung antar node yang menunjukkan aliran tiap elemen .

 

3. Metode Keseimbangan lintasan

 a. Metode Bobot Posisi

Metode bobot posisi sering dikenal pula dengan pendekatan Helgeson – Birnie. Metode ini dikembangkan oleh W.B. Helgeson dan D.P Birnie pada tahun 1961 dan merupakan metode heuristic yang paling awal dikembangkan. Metode ini merupakan gabungan antara  metodeLargest – Candidate rule dan metode Killbridge and waster. Pada prinsipnya metode bobot posisi memperhitungkan nilai bobot posisi ( ranked positional weight), dan elemen yang memiliki bobot posisi terbesar diletakkan pda urutan teratas.

b. Metode pendekatan wilayah

Metode  pendekata  wilayah  dikembangkan  oleh  BedworthMetode  ini  merupakan pengembangan dari pendekatan Helgeson – Birnie ( metode bobot posisi), Mansor dan Killbridge and wester. Pada prinsipnya metode ini berusaha membebankan terlebih dahulu pada operasi yang memiliki tanggung jawab keterdahuluan yang besar.

c. Metode Largest Candidate Rule

Metode Largest Candidate Rule adalah metode yang mengurutkan elemen kerja berdasarkan lamanya waktu operasi.

d. Metode keseimbangan lintasanTerkomputerisasi

Beberapa metode lintasan komputerisasi yang sudah banyak diterapkan, yaitu sebagai berikut:

COMSOAL (Computer Methode of sequencing Operation For Asembbly Lines) meskipun bukan metode computer pertama yang dikembangkan namun metode ini cukup dipertimbangkan untuk mengatasi      persoalan keseimbangan lintasan dibandingkan dengan metode sebelumnya

CALB (Computer Assembly Line Balancing), CALB dapat digunakan pada lintasan tunggal maupun campuran

ALPACA (Assembly Line Planning and Control), merupakan metode pertama kali dikembangkan oleh General Motors pada tahun 1967.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERTEMUAN 8

 Setelah mempelajari pertemuan 7 maka kerjakanlah soal berikut : Memuat…